110 Tahun Kebangkitan Nasional, Apa Kabar Indonesia Hari ini? | KAMMI NEWS

110 Tahun Kebangkitan Nasional, Apa Kabar Indonesia Hari ini?

110 Tahun Kebangkitan Nasional, Apa Kabar Indonesia Hari ini? * Nur Habibah ‘Aini (Sekertaris Departemen Kebijakan Publik PK KAMMI Al-...


110 Tahun Kebangkitan Nasional, Apa Kabar Indonesia Hari ini?

* Nur Habibah ‘Aini (Sekertaris Departemen Kebijakan Publik PK KAMMI Al-Quds Unsri)

20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional dimana berterpatan dengan hari kelahiran organisasi kepemudaan bernama Boedi Oetomo pada tahun 1908.

Pada awal berdirinya, organisasi Boedi Oetomo yang digagas pertama kali oleh Dr. Wahidin Sudiro Husodo ini hanya bergerak dalam bidang pendidikan dan social budaya. Organisasi ini mendirikan sejumlah sekolah yang bernama Boedi Oetomo dengan  tujuan berusaha memelihara serta memajuakan kebudayaan Jawa. Anggota Boedi Oetomo terdiri dari kalangan atas suku Jawa dan Madura. Namun sejak tahun 1915, organisasi Boedi Oetomo mulai bergerak di bidang politik. Gerakan nasionalisme Boedi Oetomo yang berciri politik disebabkan oleh berlangsungnya Perang Dunia I. Peristiwa ini mendorong pemerintah Kolonial Hindia-Belanda memberlakukan misi Bumiputera yaitu wajib militer bagi warga pribumi.

Dalam perjuangannya di bidang politik, Boedi Oetomo memberi syarat untuk pemberlakuan wajib militer tersebut. Syarat tersebut adalah harus dibentuk terlebih dahulu sebuah lembaga perwakilan rakyat (Volksraad) yang bertujuan sebagai jembatan kepada pemerintahan Hindia-Belanda dalam menyalurkan aspirasi rakyat. Usul Boedi Oetomo ini disetujui oleh Gubernur Jenderal Van Limburg Stirum, sehingga terbentuklah Volksraad pada tanggal 18 mei 1918. Di dalam lembaga volksraad terdapat perwakilan organisasi Boedi Oetomo yaitu  Suratmo Suryokusumo. Menyadari arti penting organisasi bagi rakyat, maka pada tahun 1920 Boedi Oetomo mulai menerima anggota dari masyarakat biasa. Dengan bergabungnya rakyat biasa ini, menjadikan Boedi Oetomo menjadi sebuah organisasi pergerakan rakyat dengan ditandai oleh pemogokan kaum buruh untuk menuntut kehidupan yang lebih baik.

Sejarah telah mencatat pada setiap perjuangan Bangsa Indonesia, pemuda selalu mempunyai peran yang sangat strategis disetiap peristiwa penting yang terjadi. Ketika memperebutkan kemerdekaan dari penjajah Belanda dan Jepang kala itu, ketika menjatuhkan rezim Soekarno (orde lama), hingga kembali menjatuhkan rezim Soeharto (orde baru), pemuda menjadi tulang punggung bagi setiap pergerakan perubahan ketika masa tersebut tidak sesuai dengan keinginan rakyat. Pemuda akan selalu menjadi  history maker (pembuat sejarah) di setiap waktunya.

Baca juga: Fahri Hamzah, Aksi KAMMI 98, dan Rasa Tak Percaya Soeharto Jatuh Secepat Itu

Pemuda memang memiliki posisi strategis dan istimewa. Secara kualitatif, pemuda lebih kreatif, inovatif, memiliki idealisme yang murni dan energy besar dalam perubahan social dan secara kuantitatif, jumlah pemuda sekitar 30-40 % dari total penduduk Indonesia dengan kisaran umur 15-30 tahun dan akan lebih besar lagi jika kisaran umur tersebut diperluas menjadi 15-45 tahun.

Namun, pemuda juga tak mampu hanya menggagas dan beretorika dalam menggaungkan kesejahteraan bangsa Indonesia, dan seorang pemuda juga tak mampu membuat perubahan tanpa ada kumpulannya. Maka dewasa ini, kita mengenal sebuah organisasi kepemudaan yang tergabung dalam lingkar nasionalis dan juga agamis yaitu KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). KAMMI sebagai organisasi amal dan organisasi tajnid (pengkaderan) semestinya dapat memainkan peran penting dalam mengatur rencana strategis untuk pembenahan Indonesia.

Berdasarkan visi dan misi serta filosofi yang dimiliki KAMMI, anggota KAMMI pada akhirnya dituntut untuk menjadi seorang Ideolog Muda Masa Depan dengan kompetensi pendidikan masing-masing. Asumsi modeling ini mengharuskan setiap anggota KAMMI mengikuti setiap tahapan dalam system pengkaderan KAMMI hingga akhir dan kemudian menjalankan fungsi strategisnya yang bermula dari keilmuan perseorangan.

Saat ini, KAMMI memandang Indonesia mengalami stagnansi atau bahkan kemunduran, dimana secara system ketatanegraan dan berbagai bidang garapan Indonesia begitu lemah secara managerial. Berangkat dari fenomena tersebut, para Ideolog Muda perlu menggagas format INDONESIA BARU yang rekonstruktif yang ditilik dari berbagai aspek. (*)

Baca juga tulisan terkait : Arah Reformasi 2.0
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Artikel,8,Audiensi,2,Berita,10,Daerah,34,Debat,1,Demonstrasi,69,Dialog,7,Diskusi,13,Ekonomi,18,HAM,1,Historis,2,Hukum,17,Internasional,10,KAMMI,2,Kamminews,37,Kampus,8,Kebangsaan,23,Kemanusiaan,1,Keumatan,3,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,43,Opini,21,Orasi,24,Pelantikan,13,Pelatihan,1,Perempuan,10,Pernyataan,14,Politik,34,Religi,10,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,21,Sosial,33,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: 110 Tahun Kebangkitan Nasional, Apa Kabar Indonesia Hari ini?
110 Tahun Kebangkitan Nasional, Apa Kabar Indonesia Hari ini?
https://3.bp.blogspot.com/-Dv4OI9nOpAI/WwEIG5sR5TI/AAAAAAAAAo0/u6Br50bIB4wXRByp-dp_94wqIDTbLIW8wCLcBGAs/s640/hari-kebangkitan-nasional.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Dv4OI9nOpAI/WwEIG5sR5TI/AAAAAAAAAo0/u6Br50bIB4wXRByp-dp_94wqIDTbLIW8wCLcBGAs/s72-c/hari-kebangkitan-nasional.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2018/05/110-tahun-kebangkitan-nasional-apa-kabar-indonesia-hari-ini.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2018/05/110-tahun-kebangkitan-nasional-apa-kabar-indonesia-hari-ini.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy