30 Tahun Hari Anti Narkoba Se-Dunia, Narkoba Kian Merajalela? | KAMMI NEWS

30 Tahun Hari Anti Narkoba Se-Dunia, Narkoba Kian Merajalela?

30 Tahun Hari Anti Narkoba Se-Dunia, Narkoba Kian Merajalela ? * Nur Habibah ‘Aini (Sekertaris Departemen Kebijakan Publik PK KAMMI Al-Q...


30 Tahun Hari Anti Narkoba Se-Dunia, Narkoba Kian Merajalela ?

* Nur Habibah ‘Aini
(Sekertaris Departemen Kebijakan Publik PK KAMMI Al-Quds)


#TOLAKNARKOBA #STOPNARKOBA

Sampai 2018 telah 30 tahun tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba, berbagai tagar digaungkan di semua media baik elektronik maupun cetak,  berbagai kampanye dan penyuluhan narkoba pun hampir-hampir menjadi makanan pokok masyarakat. Akan tetapi, pada realitanya keseharian masih saja dibanjiri oleh berita dan kabar - kabar tentang berbagai kasus perihal tindakan menyimpang akibat penyalahgunaan narkoba.

Data statistik tentang kematian masyarakat pengguna narkoba pun begitu fantastik. Tercatat sekitar 190.000 orang di dunia mati sia-sia setiap tahunnya akibat penyalahgunaan narkoba (DepKes RI).

Telah begitu banyak data dan bukti tentang bahaya penyalahgunaan narkoba namun, sampai hari ini pun narkoba masih menjadi pendamping setia kopi para orang dewasa dan teman bermain bagi anak-anak dan remaja. Lah.. Lah, bocah ngapa yak??

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Melalui resolusi 42/112 tanggal 7 Desember 1987, Majelis Umum PBB memutuskan untuk mengamati 26 Juni sebagai Hari Internasional Melawan Penyalahgunaan Obat dan Perdagangan Gelap sebagai ungkapan tekad untuk memperkuat aksi dan kerjasama untuk mencapai tujuan masyarakat internasional bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Resolusi ini direkomendasikan tindakan lebih lanjut sehubungan dengan laporan dan kesimpulan dari Konferensi Internasional 1987 tentang Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap. Ini mengakibatkan penegasan kembali bahwa obat-obatan terlarang terus menimbulkan bahaya kesehatan bagi kemanusiaan. Itu sebabnya obat-obatan harus tetap dikendalikan. Dengan sanksi yang sampai saat ini masih dalam pertimbangan, Negara Anggota menegaskan dukungan penuh terhadap Konvensi PBB yang telah membentuk sistem pengawasan obat dunia.

Efek samping narkoba yang berpengaruh terhadap kinerja otak dan mempengaruhi perilaku pemakainya membuat narkoba menjadi salah satu biang kerok berbagai kejahatan. Narkoba secara nyata dapat memicu kejahatan seperti pencurian, pemerkosaan, dan pembunuhan. Perdagangan gelap obat menumbuhkan jaringan kejahatan terorganisir transnasional maupun internasional, korupsi sistemik dan kekerasan yang meluas. Ini juga merupakan ancaman kesehatan masyarakat yang utama.

Jutaan orang terkena dampak langsung, terutama masyarakat miskin, perempuan rentan dan anak-anak, dan mereka yang tinggal di komunitas rapuh. Lebih dari itu, penyalahgunaan narkotika di Indonesia telah menjamah hampir seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi umur, pendidikan, strata sosial ekonomi, profesi maupun level jabatan, dan bahkan peredaran narkotika telah merata di seluruh wilayah Indonesia.

Generasi muda adalah kelompok yang memegang peranan penting dalam menentukan nasib bangsa dan negara di masa yang akan datang. Oleh karena itu, negara berkewajiban menciptakan lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang mereka. Menjaga mereka dari ancaman bahaya Narkoba adalah pekerjaan yang tidak mudah dan tidak dapat dilakukan secara sektoral.

Negara dan masyarakat harus bersama-sama, bahu membahu mewujudnyatakan daya tangkal, daya tolak, dan daya cegah terhadap penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda, agar mampu menolak narkotika dan siap menjadi generasi tangguh serta siap menerima tongkat estafet kepemimpinan di negeri ini. Dalam upaya mewujudnyatakan hal tersebut diperlukan terciptanya lingkungan kondusif dan kegiatan-kegiatan pendongkrak moral serta nasionalisme kebangsaan.

Bermodalkan Prinsip Gerakan yang salah satunya berbunyi “Kebathilan adalah Musuh Abadi KAMMI”, KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) berupaya ikut menciptakan generasi muda Indonesia dalam proses pembentukan moral (akhlak) dan nasionalisme dari setiap kader-kadernya.

Gerbang masuk menjadi bagian dari organisasi ini adalah melalui bangku perkuliahan, dimana masa-masa mahasiswa adalah masa bergejolaknya idealisme dan kebebasan pergaulan suatu anak muda. Untuk itu KAMMI mengambil langkah dan peluang menjadikan mahasiswa Indonesia sebagai generasi yang berintelektual, bermoral dan berjiwa kebangsaan agar mampu menjadi pagar utama Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dari kurikulum struktural KAMMI seluruh Indonesia yang telah dibuat dan harus dicapai bagi setiap kader-kader KAMMI. Sehingga kader-kader KAMMI yang tercipta berada pada roda lingkungan yang jauh dari keleha-lehaan dan disibukkan dengan kegiatan-kegiatan pendongkrak moral. Sebagaimana termaktub dalam Kredo Gerakan KAMMI

“Kami adalah ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebathilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang di siang hari dan rahib di malam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan,  sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah social, warga yang ramah kepada masyarakatnya,  dan responsive terhadap masalah mereka, manager yang efektif dan efisien, prajurit yang gagah berani dan pintar bersiasat, diplomat yang tersampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi, semangat yang berkobar tinggi.”

Begitu banyaknya harapan masyarakat terhadap seorang pemuda khususnya kader KAMMI. Maka seorang kader KAMMI harus mampu mengendalikan dirinya dari kegiatan menyimpang dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Maka ketika banyak kader KAMMI yang tergabung di seluruh Indonesia sudah mampu menjauhi narkoba, hal ini telah mampu menekan angka penggunaan narkoba dikalangan anak muda, walaupun belum secara signifikan.

Setiap kader KAMMI tidak ingin bermoral secara individual maka ia akan menelurkan pengetahuannya akan bahaya narkoba pada lingkungan tempat bermukim dan orang-orang terdekat. Ini adalah langkah estafet untuk mampu menciptakan generasi bebas narkoba.

Seorang kader KAMMI mampu membawa perubahan bagi lingkungannya dengan pola komunikasi yang dapat disesuaikan sehingga lebih mudah diterima dan dijalankan oleh objeknya.

Selain hal ini, peran selanjutnya dimiliki oleh pemerintah dalam roda perputaran pengedaran narkoba. Pemerintah berkewajiban menciptakan kondisi yang aman dari ancaman penyalahgunaan narkoba. Namun, mencegah dan melindungi sekitar dari Narkoba adalah tugas kita semua. #SAYNOTODRUGS
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Artikel,8,Audiensi,2,Berita,9,Daerah,34,Debat,1,Demonstrasi,69,Dialog,7,Diskusi,13,Ekonomi,18,HAM,1,Historis,2,Hukum,17,Internasional,10,KAMMI,2,Kamminews,37,Kampus,8,Kebangsaan,23,Kemanusiaan,1,Keumatan,3,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,41,Opini,21,Orasi,24,Pelantikan,13,Pelatihan,1,Perempuan,10,Pernyataan,14,Politik,33,Religi,10,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,21,Sosial,33,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: 30 Tahun Hari Anti Narkoba Se-Dunia, Narkoba Kian Merajalela?
30 Tahun Hari Anti Narkoba Se-Dunia, Narkoba Kian Merajalela?
https://3.bp.blogspot.com/-cR3Sh1op4dM/WzWoqd9p7KI/AAAAAAAAA1w/eYlwKswXUoQWaP_nN1pDl6BJMKd_jW15ACLcBGAs/s640/anti-narkoba-bnn.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-cR3Sh1op4dM/WzWoqd9p7KI/AAAAAAAAA1w/eYlwKswXUoQWaP_nN1pDl6BJMKd_jW15ACLcBGAs/s72-c/anti-narkoba-bnn.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2018/06/30-tahun-hari-anti-narkoba-se-dunia-narkoba-kian-merajalela.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2018/06/30-tahun-hari-anti-narkoba-se-dunia-narkoba-kian-merajalela.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy