Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Gelar Mimbar Pancasila dan Deklarasi | KAMMI NEWS

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Gelar Mimbar Pancasila dan Deklarasi

KAMMINEWS.COM , Jakarta - Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tangggal 1 Juni 2018, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia ...


KAMMINEWS.COM, Jakarta - Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tangggal 1 Juni 2018, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia menggelar mimbar pancasila dan deklarasi melawan radikalisme dan terorisme. Mimbar pancasila dan deklarasi ini dilakukan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (31/05/2018).

Adapun Organisasi Mahasiswa dan Pemuda yang terlibat dalam aksi tersebut antara lain; Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia(GMNI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI), Himpunan Mahasiswa Al-Wasliyah (Himmah), Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis), Pemuda Muslimin, Generasi Muda Mathla'ul Anwar (Gema MA) dan Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII).

Para Ketua Umum dari masing-masing organisasi sepakat untuk bersatupadu melawan ujaran kebencian, tindakan intoleransi, serta paham radikalisme dan terorisme yang sedang menjangkiti generasi muda.

"Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia  yang tergabung dalam 17 Organisasi Nasional ini akan memastikan bahwa tidak ada warga dari organisasi kami, baik anggota, pengurus, ataupun alumni, yang terlibat dalam tindakan intoleransi, ujaran kebencian, ataupun penyebaran paham-paham radikal dan gerakan terorisme yang ingin mengubah NKRI dan ideologi Pancasila," tegas para Ketua Umum.

Irfan Ahmad Fauzi, selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) memberikan pengantar di awal deklarasi mengatakan, bahwa Indonesia tidak boleh kalah dari ujaran kebencian, intoleransi, radikalisme dan dari ancaman idiologi yang ingin memecah-belah bangsa.

"Saudara-saudara, Indonesia adalah rumah kita dan kita pemilik sah tanah tumpah darah ini. Maka tak boleh ada kata menyerah di hadapan ujaran kebencian, intoleransi, radikalisme, dan terorisme yang ingin mencaplok Indonesia dari kita. Tidak boleh ada kata diam di saat Pancasila, yang merupakan falsafah hidup bangsa Indonesia, sedang menghadapi ancaman ideologi-ideologi trans-nasional yang sedang beroperasi di Indonesia secara terstruktur, sistematis dan masif," ujar Irfan Ahmad Fauzi.

Sahat Martin Philip Sinurat, selaku Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mengatakan sepakat, bahwa Pancasila harus kembali dilahirkan. dan berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dengan cara mereka.

"Kami sepakat bahwa Pancasila harus kembali dilahirkan. Kami berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dengan cara kami, dengan misalnya tidak mengeluarkan paham-paham kebencian, pesan-pesan radikalisme dan terorisme," kata Martin Philip Sinurat.

Sementara, Respiratori Saddam Al Jihad, Selaku Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menyampaikan, Kelompok Cipayung beserta organisasi kepemudaan lainnya melaksanakan deklarasi ini sebagai wujud komitmen kebangsaan para mahasiswa dan pemuda Indonesia.

"Kami ingin menunjukkan bahwa kami tidak dapat dipecah-belah walaupun berasal dari berbagai organisasi yang berbeda latar belakang agama, suku, dan golongan," tandas Saddam.

Kegiatan dilanjutkan dengan Doa Lintas Agama untuk Persatuan Bangsa yang dipimpin perwakilan pengurus HMI, PMKRI, dan KMHDI. Kemudian para mahasiswa dan pemuda menutup kegiatan deklarasi ini dengan buka puasa bersama dan ramah tamah.

Berikut adalah pernyataan sikap Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia dalam Mimbar Pancasila dan Deklarasi yang menyepakati lima sikap, yaitu:

1. Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia mengecam keras setiap aksi teror, ujaran kebencian, tindakan intoleran, dan penyebaran paham-paham radikal yang membunuh martabat kemanusiaan, memicu keresahan dan kecurigaan di tengah masyarakat.

2. Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia akan bersatupadu melawan ujaran kebencian, tindakan intoleransi, serta paham radikalisme dan terorisme yang sedang menjangkiti generasi muda.

3. Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia yang tergabung dalam 17 Organisasi Nasional akan memastikan bahwa tidak ada warga dari organisasi kami, baik anggota, pengurus, ataupun alumni, yang terlibat dalam tindakan intoleransi, ujaran kebencian, ataupun penyebaran paham-paham radikal dan gerakan terorisme yang ingin mengubah NKRI dan ideologi Pancasila.

4. Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia meminta para pemimpin publik, pejabat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan partai, pimpinan lembaga pendidikan dan organisasi masyarakat agar selalu setia menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup berbangsa dan bermasyarakat serta tidak mengeluarkan kebijakan ataupun pernyataan yang dapat memecah-belah masyarakat.

5. Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia akan terlibat aktif dalam mewujudkan proses demokrasi Indonesia yang sesuai nilai-nilai Pancasila, yakni Pilkada dan Pemilu yang bersih dan damai, tanpa adanya politik uang dan politik kebencian karena perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Golongan serta akan bahu-membahu untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. (*)
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Artikel,8,Audiensi,2,Berita,9,Daerah,34,Debat,1,Demonstrasi,69,Dialog,7,Diskusi,13,Ekonomi,18,HAM,1,Historis,2,Hukum,17,Internasional,10,KAMMI,2,Kamminews,37,Kampus,8,Kebangsaan,23,Kemanusiaan,1,Keumatan,3,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,41,Opini,21,Orasi,24,Pelantikan,13,Pelatihan,1,Perempuan,10,Pernyataan,14,Politik,33,Religi,10,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,21,Sosial,33,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Gelar Mimbar Pancasila dan Deklarasi
Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Gelar Mimbar Pancasila dan Deklarasi
https://4.bp.blogspot.com/-Aw9mMbCWSt0/WxI4Lz9jhuI/AAAAAAAAAuA/cwOB9RFd6cQaA4HMxu1pQjk_0gMcnqMRwCLcBGAs/s640/kammi%2Bdan%2Bmahasiswa.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Aw9mMbCWSt0/WxI4Lz9jhuI/AAAAAAAAAuA/cwOB9RFd6cQaA4HMxu1pQjk_0gMcnqMRwCLcBGAs/s72-c/kammi%2Bdan%2Bmahasiswa.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2018/06/aliansi-mahasiswa-dan-pemuda-indonesia-gelar-mimbar-pancasila-dan-deklarasi.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2018/06/aliansi-mahasiswa-dan-pemuda-indonesia-gelar-mimbar-pancasila-dan-deklarasi.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy