KAMMI Jateng Kecam Tindakan Represif Rektorat Unnes | KAMMI NEWS

KAMMI Jateng Kecam Tindakan Represif Rektorat Unnes

KAMMINEWS.COM , Semarang - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jawa Tengah mengecam tindakan represif pihak Rektorat Univers...


KAMMINEWS.COM, Semarang - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jawa Tengah mengecam tindakan represif pihak Rektorat Universitas Negeri Semarang (Unnes) terhadap mahasiswanya yang ingin menyampaikan aspirasi.

"Kami mengecam keras tindakan represif kepada mahasiswa dengan alasan apapun," kata Ketua KAMMI Jateng Khanif Nasukha dalam pernyataan tertulis, Jumat (8/6/2018).

Pernyataan itu disampaikannya terkait insiden dalam unjuk rasa mahasiswa Unnes menolak uang pangkal yang dilakukan di depan Rektorat Unnes, Kamis (7/6/2018). Demo mahasiswa itu berujung tindakan represif birokrasi Unnes.

Pada pukul 17.00 WIB, papar dia, mahasiswa pengunjuk rasa berada di luar gedung menyuarakan untuk bertemu langsung dengan Rektor, tetapi tidak kunjung ditemui, hingga akhirnya mahasiswa melihat Rektor keluar gedung.

Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman ternyata tidak menemui mahasiswa melainkan langsung masuk mobil sehingga mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya langsung mengadang mobil yang ditumpangi Rektor. Tetapi, mahasiswa yang mengadang diseret dan ditendang oleh petugas keamanan. Bahkan, ada mahasiswi terkena sikut di bagian dada dan ditarik kerudungnya hingga muntah-muntah dan pingsan.

"Ada juga peserta aksi yang dipukuli dan diinjak-injak oleh petugas keamanan demi menyingkirkan massa aksi agar mobil yang ditumpangi Rektor Unnes bisa melewati kerumuman massa peserta aksi tersebut." terang Khanif.

Dia juga menyayangkan terhadap sikap Rektor sebagai pemimpin institusi pendidikan tinggi yang tidak mau menemui mahasiswa untuk audiensi. Dan malah melakukan aksi represif terhadap mahasiswa.

"Kejadian ini sangat disayangkan. Sikap Rektor sebagai pemimpin institusi pendidikan tinggi yang tidak mau menemui mahasiswa untuk audiensi, tetapi malah melakukan aksi represif terhadap mahasiswa," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, KAMMI Jateng meminta kepada Menteri Ristek Dikti memberikan tindakan tegas terhadap Rektor Unnes yang melakukan tindakan represif dan menyakiti mahasiswanya sendiri, padahal para mahasiswa hanya ingin bertemu dan menyampikan aspirasi.

"Apalagi, tindakan represif itu terjadi di dalam kampus. Seharusnya, Rektor Unnes dan jajarannya mengedepankan dialog dan audiensi agar kejadian represif seperti ini tidak terjadi," kata Khanif.

Sementara, Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman dalam pernyataan terpisah menyangkal adanya tindak represif tersebut. Ia justru menyatakan menghargai mahasiswa yang tidak sepakat dengan kebijakannya, namun harus disampaikan dengan santun, saling menghormati, dan tidak memaksa.

"Saya menghargai aksi mahasiswa karena mereka sedang belajar untuk menyampaikan aspirasi," katanya.

Sebelum kericuhan itu, guru besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes itu mengatakan ketua BEM juga sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan dirinya untuk membahas mengenai uang pangkal.

"Mahasiswa itu melakukan aksi untuk menuntut penghapusan uang pangkal. Aspirasi mahasiswa sudah kami akomodasi. Beberapa kali, ketua BEM, baik universitas maupun fakultas ketemu saya," katanya. (*)
Nama

Agenda,22,Aksi,17,Artikel,4,Audiensi,2,Berita,8,Daerah,23,Debat,1,Demonstrasi,45,Dialog,7,Diskusi,9,Ekonomi,16,Historis,2,Hukum,13,Internasional,9,KAMMI,3,Kamminews,38,Kampus,6,Kebangsaan,21,Musda,2,News,20,Opini,16,Orasi,8,Pelantikan,11,Pelatihan,1,Perempuan,8,Pernyataan,9,Politik,27,Redaksi,1,Religi,6,Sejarah,2,Silaturahmi,11,Solidaritas,15,Sosial,25,Tentang Kami,1,Tentang KAMMI,2,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: KAMMI Jateng Kecam Tindakan Represif Rektorat Unnes
KAMMI Jateng Kecam Tindakan Represif Rektorat Unnes
https://2.bp.blogspot.com/-i7Hwe1AEbRk/WxyA5_95NFI/AAAAAAAAAyA/SJsH0HGYx2os9t9WHGJIyByUkiuskox-gCLcBGAs/s640/Demo_Unnes.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-i7Hwe1AEbRk/WxyA5_95NFI/AAAAAAAAAyA/SJsH0HGYx2os9t9WHGJIyByUkiuskox-gCLcBGAs/s72-c/Demo_Unnes.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2018/06/kammi-jateng-kecam-tindakan-represif-rektorat-unnes.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2018/06/kammi-jateng-kecam-tindakan-represif-rektorat-unnes.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy