Kawal Pemilu 2019, KAMMI Launching Democracy Watch Indonesia (DWI) | KAMMI NEWS

Kawal Pemilu 2019, KAMMI Launching Democracy Watch Indonesia (DWI)

KAMMINEWS.COM, Jakarta – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) mendirikan Democracy Watch Indonesia (DWI) s...


KAMMINEWS.COM, Jakarta – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) mendirikan Democracy Watch Indonesia (DWI) sebagai upaya melakukan pengawalan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 nanti. Acara Launching ini berlangsung di Sekretariat PP KAMMI, Minggu (05/08/2018).

Dalam agenda ini KAMMI mengeluarkan empat poin yang menjadi focus gerakan DWI. Yaitu Pengawalan terhadap penyelenggara maupun peserta pemilu, Pencerdasan politik kepada masyarakat,  menangkal penyebaran hoax, memastikan netralitas pemerintah dan aparat hukum selama proses pemilu berlangsung.

Ketua Umum PP KAMMI Irfan Ahmad Fauzi mengatakan Democracy Watch Indonesia (DWI) didirikan sebagai akumulasi dari keresahan akibat masih banyaknya temuan pelanggaran  yang selama ini terjadi baik yang dilakukan oleh peserta, partai politik, birokrasi, masyarakat maupun penyelenggara pemilu selama proses pemilu berlangsung.  Hal ini membuat pemilu dinilai kurang berintegritas dan kurang demokratis.

"Jangan sampai ada masyarakat yang kehilangan hak pilih, maraknya kampanye hitam, serta merebaknya money politik," ujar Irfan.

Dampak lanjutan pemilu yang tidak berintegritas adalah timbulnya konflik sosial yang dapat mencederai pesta demokrasi lima tahunan ini.  Selain itu yang harus menjadi perhatian adalah partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengawal pileg maupun pilpres. Masyarakat mulai jengah dengan janji kampanye yang seringkali hanya sebatas ucapan belaka.

Aktivasi masyarakat inilah yang menurut Irfan menjadi salah satu agenda terpenting DWI konsentrasi utama yang menjadi target DWI adalah pemilih pemula yang sangat minim pengetahuan politik. Meskipun daftar pemilih tetap belum resmi diputuskan, setidaknya dari data yang ada sekitar 196,5 juta pemilih dalam Pemilu 2019 nanti. Dari jumlah itu 7,4 persen diantaranya atau sekitar 14 juta pemilih merupakan generasi muda yang memiliki hak pilih untuk pertama kalinya.

“Jangan sampai pemilih pemula tersia-siakan karena ketidakmengertian mereka terhadap penggunaan hak pilih," tuturnya.

Baca Juga : KAMMI Deklarasi Gernas Jayanesia 2045, Indonesia Jaya Di Satu Abad Merdeka

Sementara itu, Deni Setiadi yang didaulat sebagai koordinator Democracy Watch Indonesia oleh ketua umum PP KAMMI langsung diberikan tugas untuk membentuk struktur tingkat wilayah hingga daerah di seluruh Indonesia khususnya daerah yang menjadi basis kader KAMMI.

“Tentu tugas yang berat mengkonsolidasikan ke seluruh wilayah, tapi saya optimis 30 provinsi dan 150an daerah bisa terbentuk struktur yang solid” ujarnya.

Deni menyatakan pengawalan terhadap data pemilih hingga menyoal dana kampanye juga menjadi agenda dalam pengawalan pemilu kali ini. Merujuk kepada pemilu beberapa tahun terakhir, pelaporan dana kampanye hanya sekedar formalitas.

“Kebanyakan calon tidak jujur melaporkan dana kampanye dan hanya sekedar memenuhi syarat administrasi saja," ujar Deni.

Deni menambahkan, netralitas pemerintah dan aparat hukum juga tidak luput dari perhatian lembaga ini. Deni juga berharap terciptanya iklim demokrasi yang sehat serta lahirnya pemimpin berintegritas terwujud dengan kerjasama yang dibangun antara DWI, Pemerintah, Aparat hokum hingga masyarakat.

“Lembaga ini tidak hanya sampai selesainya pemilu, melainkan akan terus ada sebagai bagian dalam proses pengawalan kebijakan demi kemaslahatan," tutup Deni. (*)
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Artikel,8,Audiensi,2,Berita,9,Daerah,34,Debat,1,Demonstrasi,69,Dialog,7,Diskusi,13,Ekonomi,18,HAM,1,Historis,2,Hukum,17,Internasional,10,KAMMI,2,Kamminews,37,Kampus,8,Kebangsaan,23,Kemanusiaan,1,Keumatan,3,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,41,Opini,21,Orasi,24,Pelantikan,13,Pelatihan,1,Perempuan,10,Pernyataan,14,Politik,33,Religi,10,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,21,Sosial,33,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: Kawal Pemilu 2019, KAMMI Launching Democracy Watch Indonesia (DWI)
Kawal Pemilu 2019, KAMMI Launching Democracy Watch Indonesia (DWI)
https://3.bp.blogspot.com/-Rov7YqJudoI/W2e_GlMFyCI/AAAAAAAABA0/CvHiZfv2zuIKXXVMyCZmJPl4RjvoyXXlQCLcBGAs/s640/KAMMI-DIRIKAN-DEMOCRACY-WATCH-INDONESIA-UNTUK-MENGAWAL-PEMILU-2019-1.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-Rov7YqJudoI/W2e_GlMFyCI/AAAAAAAABA0/CvHiZfv2zuIKXXVMyCZmJPl4RjvoyXXlQCLcBGAs/s72-c/KAMMI-DIRIKAN-DEMOCRACY-WATCH-INDONESIA-UNTUK-MENGAWAL-PEMILU-2019-1.jpeg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2018/08/kawal-pemilu-2019-kammi-launching-democracy-watch-Indonesia.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2018/08/kawal-pemilu-2019-kammi-launching-democracy-watch-Indonesia.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy