Perempuan KAMMI Deklarasi Kawal Pemilu bersama OKP se-Jawa Timur | KAMMI NEWS

Perempuan KAMMI Deklarasi Kawal Pemilu bersama OKP se-Jawa Timur

KAMMINEWS.COM , Surabaya - Pemilu serentak 2019 menjadi momen yang sangat berarti bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, ini adalah momen ...


KAMMINEWS.COM, Surabaya - Pemilu serentak 2019 menjadi momen yang sangat berarti bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, ini adalah momen yang akan menentukan nasib bangsa dan negara kita untuk lima tahun ke depan. Untuk menyukseskan pesta demokrasi ini, organisasi kepemudaan (OKP) se-Jawa Timur mengadakan "Panggung Demokrasi" untuk Deklarasi Perempuan Jawa Timur Kawal Demokrasi 2019. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (6/4/2019).

Bertempat di Taman Apsari Surabaya. Deklarasi dihadiri oleh bidang perempuan OKP se-Jatim. Diantaranya adalah Bidang Perempuan (BP) KAMMI, KOHATI HMI, Bidang IMMawati IMM, dan GMNI.

Orasi OKP dan Seruan Keadilan untuk Perempuan BP KAMMI

Panggung Demokrasi dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan orasi dari masing-masing perwakilan OKP. Orasi diawali oleh Rosdiana, Sekretaris Umum KOHATI BADKO HMI Jatim, dilanjutkan oleh Wahyuning, Bendahara DPD GMNI Jatim.

Dalam orasinya, Wahyuning mengajak peserta kegiatan untuk bersama menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini. Wahyuning juga menyerukan agar semua turut berpartisipasi mengawal jalannya pesta demokrasi ini.

Orasi dilanjutkan oleh Sukma, Ketua Bidang IMMawati IMM Jatim. Sukma menyuarakan kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak golput.

Terakhir, Lalu Saadia Meilani sebagai perwakilan dari Bidang Perempuan KAMMI Jatim mengakhiri orasi perwakilan OKP.

Meilani membuka orasinya dengan puisi.
Meilani mengungkapkan bahwasanya perempuan Indonesia pada dasarnya adalah perempuan yang bebas. Ia menjelaskan dalam sejarah berdirinya Indonesia selama 73 tahun, sudah ada ribuan pasal dalam undang-undang yang membahas tentang perempuan. Namun dirinya menekankan bahwa hal tersebut tak serta-merta menjadi pertanda terakomodasinya hak keadilan bagi perempuan.

“2581 kasus kejahatan seksual, 800-an tindak kekerasan psikis, 500-an kekerasan kepada buruh migran, dan 153 penjualan manusia. Ironisnya kawan-kawan sekalian, itu semua menimpa perempuan!” ungkap Meilani.

Meilani juga mengutip pemikiran Hatta dalam buku ‘Demokrasi Kita’. Hatta menuliskan bahwa dalam negara demokrasi, rakyat adalah raja bagi dirinya sendiri yang berhak menentukan apa saja yang diinginkan. Hal ini yang menjadi dasar pemikiran bahwa keadilan secara konstitusional pada perempuan menjadi bagian dari kehidupan demokrasi kita.

Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, perempuan mengambil peran penting dalam bentuk perjuangan bersenjata maupun dalam hal pemikiran. Meilani mencontohkan Cut Nyak Dien sebagai pejuang di Aceh, Rohana Kudus yang menjadi jurnalis pertama di Indonesia, juga Laksamana Malahayati yang menjadi panglima perang angkatan laut yang memimpin 2000 pasukan janda melawan kapal-kapal dan benteng Belanda.

“Dan yang sering kita ingat kawan-kawan, Indonesia memiliki Kartini! Dengan tulisannya, ia mendobrak pemikiran feudal pada masanya,” tegas Meilani.

Dengan begitu beratnya perjuangan perempuan Indonesia di masa lalu, Meilani mengajak perempuan yang hidup saat ini untuk membuktikan bahwa mereka bisa berdaya dan berdikari.  Meilani juga mengingatkan para perempuan untuk menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019. Alumnus Universitas Brawijaya angkatan 2012 tersebut mengajak para perempuan untuk memilih pemimpin yang bisa mewakili suara mereka.


Aspirasi dan Deklarasi Perempuan Jatim Kawal Demokrasi 

Selain panggung orasi, dalam kegiatan ini setiap peserta yang ingin menyampaikan aspirasinya diperbolehkan untuk menyampaikan di depan peserta. Salah satu peserta yang merupakan anggota IMM menyampaikan aspirasinya. Ia mengungkapkan bahwa peran-peran perempuan masih sangat kurang dalam lingkup parlemen dan dewan (sebagai anggota legislatif). Oleh karena itu, perlu diperbanyak lagi partisipasi perempuan sebagai anggota legislatif agar aspirasi perempuan lebih banyak didengar.

Sementara peserta dari GMNI juga menyampaikan aspirasinya. Ia mengajak peserta agar cerdas dalam memilih dan bersemangat untuk perubahan.

Kegiatan diakhiri dengan deklarasi yang ditanda tangani oleh empat perwakilan OKP. Terdapat lima poin deklarasi yang disampaikan dimana seluruh OKP bersepakat untuk mengawal Pemilu dan melawan hoaks serta golput.

Pembacaan puisi dengan diiringi lagu Indonesia Pusaka yang dinyanyikan bersama menjadi penutup kegiatan yang berakhir sekitar pukul 18.00 WIB tersebut.


Berikut kutipan Deklarasi Perempuan Jawa Timur Kawal Demokrasi.

----------

Deklarasi Perempuan Jawa Timur Kawal Demokrasi 

Kami perempuan Jawa Timur berkomitmen untuk mengawal pesta demokrasi 2019 dengan mengajak seluruh masyarakat untuk:

1. Menjadi pemilih cerdas dengan mengenali calon-calon pemimpin.

2. Menolak segala bentuk politik uang.
Menghindari hoaks, politisasi SARA, dan segala bentuk kampanye hitam.

3. Anti golput dengan datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019.

4. Menerima segala keputusan Pemilu dengan damai,

Surabaya, 06 April 2019

Pimpinan OKP Perempuan

- Ketua KOHATI Jatim, Nur Suci R diwakili Rosdiana (Sekum KOHATI Jatim)

- Bendahara GMNI Jatim, Wahyuning

- Ketua Bidang IMMawati IMM Jatim, Sukma Uli Nuha

- Perwakilan BP KAMMI Jatim, Meilani

----------


Nama

Agenda,22,Aksi,17,Artikel,4,Audiensi,2,Berita,8,Daerah,23,Debat,1,Demonstrasi,45,Dialog,7,Diskusi,9,Ekonomi,16,Historis,2,Hukum,13,Internasional,9,KAMMI,3,Kamminews,38,Kampus,6,Kebangsaan,21,Musda,2,News,19,Opini,16,Orasi,8,Pelantikan,11,Pelatihan,1,Perempuan,8,Pernyataan,9,Politik,27,Redaksi,1,Religi,6,Sejarah,2,Silaturahmi,11,Solidaritas,15,Sosial,25,Tentang Kami,1,Tentang KAMMI,2,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: Perempuan KAMMI Deklarasi Kawal Pemilu bersama OKP se-Jawa Timur
Perempuan KAMMI Deklarasi Kawal Pemilu bersama OKP se-Jawa Timur
https://2.bp.blogspot.com/-NCWfRdMHEoI/XLYQ8byxZmI/AAAAAAAABTI/QgS57Hv_9VU2GnVYt5-hFxtj-m7y_TMzQCLcBGAs/s400/09_21_05_2019_04_06_perempuan-kammi-deklarasi-kawal-pemilu-bersama-okp-se-jawa-timur.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-NCWfRdMHEoI/XLYQ8byxZmI/AAAAAAAABTI/QgS57Hv_9VU2GnVYt5-hFxtj-m7y_TMzQCLcBGAs/s72-c/09_21_05_2019_04_06_perempuan-kammi-deklarasi-kawal-pemilu-bersama-okp-se-jawa-timur.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2019/04/perempuan-kammi-deklarasi-kawal-pemilu-bersama-okp-se-jawa-timur.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2019/04/perempuan-kammi-deklarasi-kawal-pemilu-bersama-okp-se-jawa-timur.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy