Aliansi Mahasiswa Banjarbaru Kecam Tindakan Represif Polisi di Aksi 22 Mei | KAMMI NEWS

Aliansi Mahasiswa Banjarbaru Kecam Tindakan Represif Polisi di Aksi 22 Mei

KAMMINEWS.COM , Banjarbaru - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kemanusiaan melakukan aksi damai di Mapolres...


KAMMINEWS.COM, Banjarbaru - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kemanusiaan melakukan aksi damai di Mapolres Banjarbaru, Rabu (29/05/2019) sore.

Selain berorasi, para mahasiswa juga membawa keranda dan ‘mayat’. Kedua replika tersebut sebagai representasi para penyelenggara pemilu, dan para pengunjuk rasa 22 Mei yang gugur.

Koordinator aksi, Yogik Irwan mengatakan, ada 3 organisasi mahasiswa yang tergabung dalam aliansi ini, yakni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banjarbaru, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Banjabaru dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Banjarbaru.

Yogik mengatakan aksi ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan mahasiswa terhadap peristiwa rusuh 21-22 Mei yang memakan korban jiwa. Pihaknya melihat pada perestiwa tersebut, polisi dinilai salah dalam penanganan saat terjadi aksi demonstrasi kala itu.

“Untuk itu kami mengecam tindakan represif aparat kepolisian terhadap massa aksi 22 mei 2019 dan kami menuntut Polri menindak tegas oknum kepolisian yang melakukan pelanggaran menyalahi prosedur dalam mengamankan massa aksi,” ujarnya.

BACA JUGA : Ratusan Mahasiswa Persatuan Aktivis Jember (KAMMI, IMM dan PII) Aksi Unjuk Rasa di Gedung DPRD

Tidak hanya itu, Aliansi mahasiswa ini juga menuntut permintaan maaf aparat kepolisian atas tindakan represifnya dan mendorong Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk membuat tim pencari fakta atas tragedi kemanusiaan.

“Salah satu hasil yang kami inginkan dari aksi hari ini, kami akan meminta dan membuat video permintaan maaf Kapolres untuk kami sebarkan kepada masyarakat. Hal ini agar meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat bahwa Polisi juga punya jiwa kemanusiaan,” tandas Yogik.

Selanjutnya pada tuntutan yang terakhir, para mahasiswa ini juga meminta pihak kepolisian mencabut tuduhan makar atas nama Fahmi Angga yang menjabat sebagai Ketua pengurus Cabang IMM Kota Medan.

“Kami juga menuntut, agar mencabut tuduhan makar atas saudara kami, Fahmi Angga ketua PC IMM Kota Medan,” tutupnya.

Di sisi lain, Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya menyambut aspirasi dari para mahasiswa ini dengan pintu terbuka. Ia pun berkenan untuk membahas masalah ini dalam forum terbuka.


Bertempat di Aula Polres Banjarbaru, forum pun digelar hingga menjelang berbuka puasa. AKBP Kelana Jaya menghimbau para mahasiswa agar jangan berasumsi, namun harus meliat dari secara keseluruhan bagaimana fakta sebenarnya.

“Mari kita liat secara utuh, jangan sepenggal-sepenggal yang mana lalu kita berasumsi tidak sesuai fakta,” katanya.

Terkait kasus tuduhan makar yang dilakukan Fahmi Angga, AKBP Kelana mengatakan kasus tersebut masih tahap dugaan. Ia mengungkapkan saat ini Mabes Polri telah membentuk tim guna menyelidiki kasus tersebut.

“Baik itu tuduhan makar saudara kita Fahmi Angga maupun peristiwa 21 dan 22 Mei, saat ini tengah diselidiki tim penyelidik khusus yang dibentuk Bapak Kapolri. Jadi kita tunggu saja hasil dan faktanya,” kata Kapolres Banjarbaru.

Dari hasil forum, Polres Banjarbaru dan para mahasiswa sepakat menunggu fakta dan bukti yang ada baik itu yang dilakukan kelompok perusuh maupun penanganan pihak kepolisian saat peristiwa yang terjadi pada tanggal 21 dan 22 Mei di depan Kantor Bawaslu RI, Kota Jakarta. (*)
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Artikel,8,Audiensi,2,Berita,9,Daerah,34,Debat,1,Demonstrasi,69,Dialog,7,Diskusi,13,Ekonomi,18,HAM,1,Historis,2,Hukum,17,Internasional,10,KAMMI,2,Kamminews,37,Kampus,8,Kebangsaan,23,Kemanusiaan,1,Keumatan,3,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,41,Opini,21,Orasi,24,Pelantikan,13,Pelatihan,1,Perempuan,10,Pernyataan,14,Politik,33,Religi,10,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,21,Sosial,33,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: Aliansi Mahasiswa Banjarbaru Kecam Tindakan Represif Polisi di Aksi 22 Mei
Aliansi Mahasiswa Banjarbaru Kecam Tindakan Represif Polisi di Aksi 22 Mei
https://1.bp.blogspot.com/-H6pXWDfWL-w/XO-9NFY8I3I/AAAAAAAABmE/a98AzC48ivg8U_twUw39fzZk5Jew4lVOwCLcBGAs/s400/IMG_20190530_182242.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-H6pXWDfWL-w/XO-9NFY8I3I/AAAAAAAABmE/a98AzC48ivg8U_twUw39fzZk5Jew4lVOwCLcBGAs/s72-c/IMG_20190530_182242.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2019/05/aliansi-mahasiswa-banjarbaru-kecam-tindakan-represif-polisi-di-aksi-22-mei.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2019/05/aliansi-mahasiswa-banjarbaru-kecam-tindakan-represif-polisi-di-aksi-22-mei.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy