Doakan Korban KPPS Yang Meninggal, KAMMI Shalat Gaib di Depan Kantor KPU Babel | KAMMI NEWS

Doakan Korban KPPS Yang Meninggal, KAMMI Shalat Gaib di Depan Kantor KPU Babel

KAMMINEWS.COM , Pangkalpinang - Puluhan massa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Aliansi Mahasiswa...


KAMMINEWS.COM, Pangkalpinang - Puluhan massa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Aliansi Mahasiswa Peduli Demokrasi mengadakan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (21/05/2019).

Dalam kesempatan itu,  para mahasiswa melaksanakan sholat gaib bersama untuk para korban KPPS dan aparat kepolisian yang meninggal dunia. Mahasiswa juga meminta Ketua KPU Babel, Davitri bertindak sebagai imam dalam Shalat gaib tersebut.

Dalam aksi yang mendapat pengamanan ketat dari aparat keamanan ini, para mahasiswa menuntut keterangan dari KPU Babel terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia selama proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu beberapa waktu lalu.

"Tujuan kami kesini untuk meminta keterangan kepada KPU terkait banyaknya korban KPPS yang meninggal dunia," kata Koordinator lapangan (Koorlap) Aliansi Mahasiswa, Riadi Pratama di hadapan ketua dan komisioner KPU Babel.

Dia menegaskan, pihaknya tidak bisa menerima alasan jika banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia dan jatuh sakit tersebut akibat kelelahan dalam menjalankan tugas.

"Secara medis itu tidak masuk akal, mereka baru bekerja dua hari, seharusnya para saksi peserta pemilu yang telah bekerja selama delapan bulan, mereka lah yang lebih berhak mati," tegasnya.

BACA JUGA : Belasungkawa Korban Pemilu, KAMMI Banjarmasin Tahlilan di Kantor KPU Kalsel

Selain itu, dia membacakan beberapa poin pernyataan sikap mereka untuk disikapi oleh KPU Babel, yakni diantaranya, duka mendalam atas hampir 600 petugas pemilu dan kepolisian yang meninggal dunia saat proses Pemilu 2019.

Kemudian, menuntut DPR dan pemerintah untuk segera mengungkap penyebab dari kematian ratusan petugas KPPS, pengawas pemilu, pihak keamanan dari kepolisian dengan melibatkan para ahli medis maupun elemen masyarakat luas agar kasus ini terungkap dengan jelas dan tuntas

Selanjutnya, menuntut KPU untuk mengevaluasi dengan komprehensif terkait adanya ketidakterbukaan Sistem Penghitungan Surat Suara (Situng) Pemilu 2019.

Setelah membacakan dan menyerahkan surat pernyataan sikap kepada Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, dimulai lah sesi tanda tangan yang ditanda tangani oleh beberapa perwakilan mahasiswa.

Namun pada saat mahasiswa meminta ketua KPU Davitri untuk menandatangin tuntutan tersebut, Davitri mengatakan jika ia menolak untuk menandatangani tuntutan tersebut. Dikarenakan ada satu di antara poin yang menurutnya tidak sesuai dengan realita yang ada.

Menurutnya, KPU sudah melakukan perhitungan dengan transparan, dan semua sudah dilakukan dengan pleno terbuka secara berjenjang. Dan terkait Situs Hitung (Situng) Babel tidak ada kesalahan satu pun dalam hal penginputan.

"Jadi saya tidak akan menandatangani ini, karena Babel tidak satu pun salah dalam penginputan, silahkan cek, silahkan buka, silahkan laporkan kepada kami kalau ada," ujar Davitri, Selasa (21/5) di depan para mahasiswa.

Koordinator lapangan aksi pada hari itu Riadi Pratama, mengatakan untuk di provinsi ia mengakui tidak ada kesalahan yang dilakukan oleh KPU Babel, namun poin tersebut lebih ditujukan untuk secara nasional.

"Karena tidak semua provinsi yang melakukan pemilihan, atau dalam proses situng dengan transparan," ujar Riadi, Selasa (21/5) saat ditemui usai aksi. (*)
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Aplikasi,1,Artikel,6,Audiensi,2,Berita,9,Daerah,33,Debat,1,Demonstrasi,68,Dialog,7,Diskusi,12,Ekonomi,17,Historis,2,Hukum,16,Internasional,9,KAMMI,4,Kamminews,38,Kampus,8,Kebangsaan,21,Keumatan,2,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,40,Opini,18,Orasi,24,Pelantikan,12,Pelatihan,1,Perempuan,9,Pernyataan,13,Politik,32,Religi,9,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,20,Sosial,29,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: Doakan Korban KPPS Yang Meninggal, KAMMI Shalat Gaib di Depan Kantor KPU Babel
Doakan Korban KPPS Yang Meninggal, KAMMI Shalat Gaib di Depan Kantor KPU Babel
https://4.bp.blogspot.com/-UoMb7kRWlPA/XOPogqZMkEI/AAAAAAAABiU/2IUVRtupsUsTfgeKHeS1AYAxWFOX90qiwCLcBGAs/s400/IMG_20190521_185814.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-UoMb7kRWlPA/XOPogqZMkEI/AAAAAAAABiU/2IUVRtupsUsTfgeKHeS1AYAxWFOX90qiwCLcBGAs/s72-c/IMG_20190521_185814.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2019/05/doakan-korban-kpps-yang-meninggal-kammi-shalat-gaib-di-depan-kantor-kpu-babel.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2019/05/doakan-korban-kpps-yang-meninggal-kammi-shalat-gaib-di-depan-kantor-kpu-babel.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy