Peringati Hari Buruh, Aliansi Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan Bale Kota Tasikmalaya | KAMMI NEWS

Peringati Hari Buruh, Aliansi Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan Bale Kota Tasikmalaya

KAMMINWS.COM , Tasimalaya - Ratusan mahasiswa yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa  ( BEM )  Universitas Siliwangi, Kesatuan Aksi ...


KAMMINWS.COM, Tasimalaya - Ratusan mahasiswa yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEMUniversitas Siliwangi, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Persis, LOKANATA, Laskar study Periangan serta Geli Mas dan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Tasikmalaya mengadakan unjukrasa dalam rangka memperingati hari buruh sedunia atau May Day di depan bale Walikota Tasikmalaya pada Rabu, (01/05/2019).

Aksi dimulai dari pukul 08.00 pagi dengan berorasi menyuarakan berbagai tuntutan kepada pemerintah kota Tasikmalaya, tak hanya itu, aksi mahasiswa ini juga diwarnai dengan sholat ghoib berjamaah di depan bale Kota Tasikmalaya sebagai tanda telah matinya fungsi dari pemerintah kota Tasikmalaya. Terakhir ratusan mahasiswa ini mengakhiri aksinya dengan konvoi menuju pusat Kota Tasikmalaya di Jl. KH. Zainal Mustofa.

Koordinator Aliansi Mahasiswa Tasikmalaya Boby Nugraha menyatakan bahwa aksi ini merupakan lanjutan dari May day tahun lalu dimana pemerintah Kota Tasikmalaya diaggap tidak mampu memenuhi tuntutan mahasiswa.

“Tentunya Aliansi Mahasiswa Tasikmalaya (AMT) tidak ingin hal tersebut terus terjadi dan menyepakati untuk meninjau kembali keseriusan aparatur pemerintahan dalam merespon permasalahan – permasalahan yang telah menjadi tuntutan kawan – kawan Aliansi BEM Tasikmalaya pada May Day 2018”

Menurutnya pembentukan BLK yang menjadi salahsatu tuntutan mahasiswa tahun lalu dinilai tidak optimal direalisasikan pemerintah kota Tasikmalaya.

“Program pembuatan BLK ini dinilai tidak optimal dikarenakan akses masyarakat untuk menjadi peserta dalam program BLK ini sangatlah terbatas, pemerintah dalam hal ini tentu dihatuskan untuk memberikan perhatian yang lebih supaya tujuan awal program BLK mengenai peningkatan kualitas dan produktivitas masyarakat bisa tercapai secara merata dan konsisten”

Dalam aksi tersebut selain menuntut kesejahteraan untuk para buruh para buruh ia juga menuntut kesejahteraan tenaga pendidik karena menurutnya hal ini berkaitan dengan upah yang diterima para guru honorer di Tasikmalaya yang dinilai miris.

“ Meskipun dalam peraturan yang ada para tenaga pendidik ini tidak digolongkan sebagai buruh, akan tetapi kondisi ketidakadilan yang mereka alami tentu patut untuk ikut disuarakan dalam momen akbar ini.” pungkasnya.

Dalam pers rilisnya Aliansi Mahasiswa Tasikmalaya (AMT) membeberkan beberapa tuntutan sebagai berikut:

1. Menuntut pemerintah Kota Tasikmalaya untuk menjelaskan tindak lanjut dari tuntutan tahun lalu yang disampaikan oleh aliansi BEM se Tasikmalaya. Yaitu:

a. Mengawasi perushaan supaya buruh dibayar UMK ALIANSI MAHASISWA TASIKMALAYA

b. Menuntut pemenuhan akomodasi tenaga kerja dan Jaminan kesehatan bagi para pekerja

2. Menuntut pemerintah Kota Tasikmalaya mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK).

3. Menuntut pemerintah kota Tasikmalaya untuk membuat Perwalkot tentang UMK Guru Honorer.

4. Menuntut pemerintah kota Tasikmalaya untuk menghapuskan sistem kerja outsourcing dan cabut Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015.

5. Menuntut pemerintah kota Tasikmalaya untuk memberikan sanksi tegas pada perusahaan yang melanggar UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya peralatan keamanan kerja dan keselamatan kerja.

6. Menuntut pemerintah kota tasikmalaya untuk menghadirkan 40% perusahaan yang belum memeberikan hak upah terhadap pekerjanya dan memfasilitasi ruang diskusi dengan massa aksi terhitung maksimal 5 hari kerja setelah tuntutan ditandatangani.

7. Mendorong pemerintah untuk melakukan penegasan kepada setiap perusahaan untuk memeberikan edukasi kepada buruh mengenai aturan – aturan yang terkait dengan hak dan kewajiban buruh. (*)
Nama

Agenda,28,Aksi,17,Artikel,8,Audiensi,2,Berita,9,Daerah,34,Debat,1,Demonstrasi,69,Dialog,7,Diskusi,13,Ekonomi,18,HAM,1,Historis,2,Hukum,17,Internasional,10,KAMMI,2,Kamminews,37,Kampus,8,Kebangsaan,23,Kemanusiaan,1,Keumatan,3,Konsolidasi,1,Muktamar,1,Musda,3,News,41,Opini,21,Orasi,24,Pelantikan,13,Pelatihan,1,Perempuan,10,Pernyataan,14,Politik,33,Religi,10,Sejarah,2,Sejarah KAMMI,1,Silaturahmi,11,Solidaritas,21,Sosial,33,Tentang KAMMI,1,Tradisi,2,Zona,6,
ltr
item
KAMMI NEWS: Peringati Hari Buruh, Aliansi Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan Bale Kota Tasikmalaya
Peringati Hari Buruh, Aliansi Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan Bale Kota Tasikmalaya
https://3.bp.blogspot.com/-1I-2NB4e3Ec/XMtQOnnLHiI/AAAAAAAABaY/sZCHTb0lMSQEKFNox7cGlnjO_C8PHX83QCLcBGAs/s400/IMG-20190502-WA0001.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-1I-2NB4e3Ec/XMtQOnnLHiI/AAAAAAAABaY/sZCHTb0lMSQEKFNox7cGlnjO_C8PHX83QCLcBGAs/s72-c/IMG-20190502-WA0001.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2019/05/peringati-hari-buruh-aliansi-mahasiswa-unjuk-rasa-depan-bale-kota-tasikmalaya.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2019/05/peringati-hari-buruh-aliansi-mahasiswa-unjuk-rasa-depan-bale-kota-tasikmalaya.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy