Tanggapan KAMMI dan PMII Soal Kampus Merdeka | KAMMI NEWS

Tanggapan KAMMI dan PMII Soal Kampus Merdeka

KAMMINEWS.COM , Jakarta - Sejumlah organisasi ekstra kampus menanggapi kebijakan Kampus Merdeka yang dirilis oleh Menteri Pendidikan dan ...


KAMMINEWS.COM, Jakarta - Sejumlah organisasi ekstra kampus menanggapi kebijakan Kampus Merdeka yang dirilis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang Kampus Merdeka, diantaranya adalah Organisasi KAMMI dan PMII.

Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Elevan Yusmanto menilai kebijakan tersebut terlalu berorientasi pada industri.

"Memang Nadiem ini mengaskan bahwa, kementerian menegaskan kembali posisi pendidikan Indonesia, melalui Kampus Merdeka itu memfasilitasi bahwasanya kampus itu pro terhadap liberalisasi dan pro kapitalisasi di industri pendidikan," kata Elevan, Kamis (30/01/2020).

Sebelumnya, Elevan sempat memprediksi bahwa Nadiem akan membawa pendidikan lebih kepada sektor industri pada awal mantan bos Gojek tersebut dipilih sebagai menteri. Saat ini, sangkaannya tersebut semakin terlihat dengan kebijakan kampus merdeka tersebut.

"Tapi, dengan kampus merdeka itu menandakan dengan terang benderang bahwa ada kapitalisasi pendidikan," kata Elevan menegaskan.

Ia pun menyinggung soal konstitusi yang ada di Indonesia. Apabila merujuk pada konstitusi, kata dia, amanatnya adalah pendidikan untuk pencerdasan dan juga kemerdekaan. Jadi, anak-anak Indonesia dibentuk supaya lebih cerdas agar bisa merdeka secara sepenuhnya.

Diksi merdeka yang digunakan Nadiem menurut Elevan tidak sesuai dengan konstitusi tersebut. Mestinya, kurikulum pendidikan tinggi dibentuk agar lebih membuat masyarakat Indonesia dalam hal ekonomi, industri, pangan, dan sebagainya.

"Bukan malah menyesuaikan dengan kondisi industri," kata dia lagi.

BACA JUGA: KAMMI Kritik Mendikbud Soal Program Organisasi Penggerak

Sementara itu, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mengapresiasi kebijakan tersebut. Meskipun demikian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PMII Sabolah Al Kalambi menilai masih ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kondisi pendidikan tinggi di Indonesia.

Pertama, adalah soal dimudahkannya perubahan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menjadi PTN Berbadan Hukum (PTN-BH). Sabolah mengatakan, sebelumnya pernah ada penolakan keras dari PMII dan sejumlah organisasi ekstra kampus lainnya soal UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang kemudian dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Karena mengindikasikan tanggung jawab pendidikan yang jadi tanggung jawab pemerintah menurut UU didelegasikan ke yang lain. Kami belum tahu secara jauh maksud dari rencana perubahan dan BLU ke BH, tapi yang pasti jika akan sama dengan UU BHP maka pasti akan menuai kontroversi," kata Sabolah menjelaskan.

Selanjutnya terkait dengan kemerdekaan mahasiswa. PMII mendorong agar Mendikbud melanjutkan dan memperjelas Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018. Peraturan tersebut akan memberikan ruang organisasi ekstra masuk ke dalam kampus. Selama ini, organisasi ekstra kampus tidak bisa masuk.

Menurut dia, kemerdekaan mahasiswa yang sesungguhnya juga dapat dilihat dari bagaimana organisasi mahasiswa bisa diterima di dalam kampus. Merdeka di kampus, menurut Sabolah tidak hanya terkait dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi selama tiga semester. (*)
Nama

Agama,12,Agenda,31,Artikel,17,Berita,106,Budaya,3,Daerah,33,Demonstrasi,44,Dialektika,19,Diskusi,12,Ekonomi,16,Hukum,23,Inovasi,1,Kamminews,29,Kampus,14,Kebangsaan,19,Konsolidasi,2,Mukernas,1,Musda,3,News,33,Opini,27,Orasi,38,Pelantikan,11,Pendidikan,4,Perempuan,13,Pernyataan,13,Politik,42,Silaturahmi,9,Sosial,53,
ltr
item
KAMMI NEWS: Tanggapan KAMMI dan PMII Soal Kampus Merdeka
Tanggapan KAMMI dan PMII Soal Kampus Merdeka
https://1.bp.blogspot.com/-dNhH4SNvY7Y/Xx63iFgzIoI/AAAAAAAAB3o/sn2JZexaslEx8AxKxbsY2HSosQ9sJntzQCLcBGAsYHQ/s400/4-kebijakan-kampus-merdeka.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dNhH4SNvY7Y/Xx63iFgzIoI/AAAAAAAAB3o/sn2JZexaslEx8AxKxbsY2HSosQ9sJntzQCLcBGAsYHQ/s72-c/4-kebijakan-kampus-merdeka.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2020/01/tanggapan-kammi-dan-pmii-soal-kampus-merdeka-kemendikbud.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2020/01/tanggapan-kammi-dan-pmii-soal-kampus-merdeka-kemendikbud.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy