PW KAMMI MALUT Tidak Mengakui Plt Ketua Umum PP KAMMI dan MPP KAMMI | KAMMI NEWS

PW KAMMI MALUT Tidak Mengakui Plt Ketua Umum PP KAMMI dan MPP KAMMI

KAMMINEWS.COM , Ternate - Pasca terbitnya surat Majelis Permusyawaratan Pusat (MPP) KAMMI terkait pergantian Ketua Umum Pengurus Pusat ...


KAMMINEWS.COM, Ternate - Pasca terbitnya surat Majelis Permusyawaratan Pusat (MPP) KAMMI terkait pergantian Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) Elevan Yusmanto ke Plt Susanto Triyogo yang  menuai reaksi keras dari beberapa Pengurus KAMMI di daerah. Ternyata Mosi tidak Percaya kepada PP KAMMI ini semakin deras. Setelah sebelumnya KAMMI Sulawesi Barat (Sulbar) kemudian diikuti oleh PD KAMMI Cirebon. Kali ini datang dari Indonesia bagian timur yaitu Pengurus Wilayah (PW) KAMMI Maluku Utara.

Dalam keterangan tertulisnya, Ketua Umum PW KAMMI Maluku Utara (Malut) La Pili La Bae mengatakan, bahwa Isu tentang pemberhentian Ketua Umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto, disinyalir berawal dari tuntutan terbuka seorang alumni KAMMI yang berinisial BP, pada tanggal 05 Juli 2020.

"Dia menuntut pemberhentian diri ketua umum PP KAMMI dan menuntut Majelis Permusyawaratan Pusat (MPP) KAMMI untuk melakukan Sidang Etik MPP terhadap ketua PP KAMMI. Anehnya, tuntutan itu  tanpa disertai alasan yang jelas sehingga membuat seluruh kader KAMMI yang membacanya bingung dan bertanya-tanya." Kata La Pili pada (25/072020).

BACA JUGA: KAMMI Sulawesi Barat Melayangkan Mosi Tidak Percaya Dengan Pengurus PP KAMMI

Lebih lanjut, La Pili menjelaskan bahwa pada Kamis 24 Juli 2020, grup WhastApp Kader KAMMI seIndonesia dihebohkan dengan beredarnya berita dari beberapa media online tentang pengangkatan pelaksana tugas (Plt) ketua umum PP KAMMI, Susanto Triyogo, oleh Badan Pengurus Harian (BPH) PP KAMMI berdasarkan surat yang diterima dari MPP KAMMI bertanggal 20 Juli 2020.

Lantas berita itu membuat seluruh anggota grup terkejut dan bertanya-tanya. Ini disebabkan karena BPH maupun MPP tidak pernah mensosialisasikan hal ini sebelumnya secara internal. Apalagi, pengangkatan plt ketua umum itu tidak disertai alasan yang jelas.

"Usut punya usut, ternyata ketua umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto, telah di skorsing oleh MPP lewat Surat Keputusan MPP KAMMI nomor 01/SK/MPP KAMMI/VII/2020 pada tanggal 16 Juli 2020. SK ini tidak pernah diketahui oleh kader di bawah sampai beredar di grup-grup WhatsApp kemarin." Jelas Pili.

Menurut La Pili, SK MPP itu harusnya diketahui seluruh kader terlebih dahulu sebelum pengangkatan plt dilakukan.

"Ini soal transparansi dalam berorganisasi. Keputusan ini sangat besar pengaruhnya bagi eksistensi KAMMI karena mencabut kewenangan seseorang yang dipilih oleh ratusan kader sebagai ketua umum organisasi. Kader KAMMI harus tahu mengapa SK itu dikeluarkan MPP dan apa tanggapan ketua umum PP KAMMI terhadapnya. Ternyata MPP tidak punya kemauan baik untuk mensosialisasikannya kepada seluruh kader KAMMI dan justru menyebarkan ke media-media. Suatu keputusan yang buruk dan sungguh tidak etis." tegasnya.

BACA JUGA: Konsolidasi di Tengah Pandemi, Susanto Triyogo Jadi Plt Ketua Umum PP KAMMI

Masih menurut Pili, Sangat tidak elok apabila keputusan pengangkatan plt ketua umum PP KAMMI disampaikan ke media dengan cara seperti itu. Seharusnya informasi sepenting ini terlebih dahulu diketahui oleh seluruh pengurus wilayah dan pengurus daerah KAMMI.

"Harusnya masalah sepenting ini dibicarakan dan di-clear-kan di internal organisasi dulu. Pola komunikasi yang dibangun di organisasi sebesar ini harusnya terarah dan terukur, Ini urusan dapur jangan sampai jadi masalah berkepanjangan di kemudian hari. Kalau masalah internal diselesaikan seperti ini, jangan salahkan kami bila mencurigai PP KAMMI dan MPP KAMMI jangan-jangan sudah menseting hal ini dari jauh-jauh hari."

Berdasarkan pengakuan La Pili, bahwa Pada Kamis malam tanggal 24 Juli 2020, pukul 21.00 WIB, mereka dikonfirmasi oleh Bidang Humas PP KAMMI. Katanya akan diadakan konsolidasi di forum ketua-ketua KAMMI seIndonesia. Di mana akan dijelaskan pelanggaran yang dilakukan oleh ketua umum KAMMI. Akan tetapi lagi-lagi sangat disayangkan bahwa tadinya kami berharap dengan konsolidasi itu kami bisa menerima penjelasan soal pelanggaran yang telah dilakukan oleh ketua umum PP KAMMI. Ternyata hasilnya nihil. Penjelasan PP KAMMI tidak memuaskan kami. Pokok masalah yang membuat ketua umum PP KAMMI di skorsing selama satu tahun tidak disebutkan sama sekali.

BACA JUGA: Klarifikasi PW KAMMI MALUT Terkait Pernyataan Sikap Sebelumnya

Setelah memperhatikan sikap PP dan MPP KAMMI di atas, kami berpendapat bahwa PP dan MPP KAMMI tidak menunjukkan niat baik untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik. Maka dengan ini, PW KAMMI Maluku Utara menyatakan Mosi Tidak Percaya kepada PP KAMMI dan MPP KAMMI.

"Saat ini, PW KAMMI Maluku Utara sudah tidak mengakui kedudukan Plt Ketua Umum PP KAMMI, Susanto Triyogo dan Ketua MPP KAMMI, Irfan Ahmad Fauzi, sampai muncul penjelasan resmi yang seterang mungkin tentang alasan dibalik penjatuhan sanksi skorsing kepada Ketua Umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto." Tutup La Pili (*)
Nama

Agama,15,Agenda,32,Artikel,26,Berita,129,Budaya,3,Daerah,58,Demonstrasi,52,Dialektika,28,Diskusi,13,Ekonomi,20,Hukum,28,Inovasi,2,Internasional,2,Kamminews,29,Kampus,18,Kebangsaan,22,Konsolidasi,5,Mukernas,2,Musda,3,Muskerda,2,Muskom,2,Muswil,2,Nasional,2,News,59,Opini,35,Orasi,48,Pelantikan,14,Pendidikan,4,Perempuan,14,Pernyataan,22,Politik,48,Silaturahmi,11,Sosial,56,
ltr
item
KAMMI NEWS: PW KAMMI MALUT Tidak Mengakui Plt Ketua Umum PP KAMMI dan MPP KAMMI
PW KAMMI MALUT Tidak Mengakui Plt Ketua Umum PP KAMMI dan MPP KAMMI
https://1.bp.blogspot.com/-1b1SLibMfdg/Xx05Q8ZGvCI/AAAAAAAAB2g/0md4xZlM-rcEjDtKj74h1Uq4Kncojwt4gCLcBGAsYHQ/s400/115642990_567565223920879_1263662200499742426_n.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1b1SLibMfdg/Xx05Q8ZGvCI/AAAAAAAAB2g/0md4xZlM-rcEjDtKj74h1Uq4Kncojwt4gCLcBGAsYHQ/s72-c/115642990_567565223920879_1263662200499742426_n.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2020/07/pw-kammi-malut-tidak-mengakui-plt-ketua-umum-pp-kammi-dan-mpp-kammi.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2020/07/pw-kammi-malut-tidak-mengakui-plt-ketua-umum-pp-kammi-dan-mpp-kammi.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy