Antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20 | KAMMI NEWS

Antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20

Antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20 (Part I) Oleh: Sigit Hidayat  (Kader KAMMI Banjarmasin) D i tengah Pandemi Covid-19 yang masih...


Antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20 (Part I)

Oleh: Sigit Hidayat (Kader KAMMI Banjarmasin)

Di tengah Pandemi Covid-19 yang masih menghantui bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia saat ini, yang menyebabkan resesi ekonomi di sejumlah negara bahkan Indonesia diprediksi akan masuk dalam jurang resesi ekonomi. Sebab, jika pertumbuhan ekonomi kuartal III kembali mengalami minus, Indonesia sudah bisa dinyatakan resesi. Dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 adalah pertumbuhan ekonomi yang terburuk sejak 1999.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 mencapai minus 5,32%.

Hal ini pun diperparah dengan sikap para elit politik yang hanya mementingkan diri mereka saja, dan sibuk dengan kepentingan kelompok masing-masing.

Hampir semua partai politik tersandra oleh kepentingan para elitnya, dan mengabaikan aspirasi masyarakat yang telah mempercayakan mereka pada saat pemilu. Lihat saja bagaimana RUU HIP, RUU P-KS sampai RUU Cipta Kerja yang menuai pro dan kontra di masyarakat. Bukankah ini sebuah bentuk kegagalan DPR dan pemerintah dalam membaca aspirasi masyarakat?

KAMI 2020

Menanggapi kondisi bangsa Indonesia yang kian memprihatinkan saat ini. Pada hari Selasa tanggal 18 agustus 2020, atau bertepatan satu hari setelah HUT RI yang ke-75, sejumlah tokoh nasional ramai-ramai mendeklarasikan gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Deklarasi KAMI dilakukan di Lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta, mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Dimana deklarasi KAMI ini dihadiri oleh 100 tokoh, di antaranya Din Syamsuddin, Gatot Nurmantyo, Rocky Gerung, Ichsanuddin Noorsy, Refly Harun, Said Didu, Neno Warisman, dan sejumlah tokoh lainnya.

Pada hari yang sama, KAMI di luar Jakarta juga melakukan deklarasi bersama di berbagai daerah, diantaranya; Kota Solo, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Semarang, Bandung, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin.

Lalu muncul sebuah pertanyaan, apa tujuan dibentuknya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) ini?

Sesuai dengan judul tulisan ini, antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20, maka penulis mencoba mencari titik kesamaannya.

Sepintas, ada kesamaan dari 3  gerakan ini. Mulai dari pemilihan nama, sampai akronim yang digunakan memiliki kemiripan yaitu KAMI.

Lantas, apakah KAMI 20 ini memiliki tujuan, visi dan misi yang sama seperti halnya KAMI 65 dan KAMMI 98 yang berhasil menumbangkan rezim Orde Lama dan rezim Orde Baru?

Berikut adalah uraian selengkapnya;

KAMI 1965

Di era Orde Lama di bawah pemerintahan Ir. Soekarno, ketika bangsa ini dalam keadaan bergejolak, dimana terjadi  pembantaian dan pembunuhan terhadap para Ulama dan petinggi militer Angkatan Darat (ABRI) dalam suatu operasi berdarah yang telah menggegerkan seantero negeri. Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi tertuduh di balik tragedi yang terjadi pada dini hari tanggal 1 Oktober 1965 itu.

Menanggapi kejadian tersebut para elemen bangsa termasuk para mahasiswa yang tergabung dalam beberapa organisasi kemahasiswaan, berinisiatif untuk membuat sebuah wadah gerakan yang tergorganisir. Gerakan tersebut bernama 'Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia' (KAMI) sebuah gerakan mahasiswa Indonesia yang mencoba membendung arus PKI pada waktu itu.

KAMI yang didirikan pada tanggal 27 Oktober 1965 ini awalnya bertujuan untuk menumpas PKI dan antek-anteknya, namun tak berselang lama pada tanggal 25 Februari 1966 KAMI dibubarkan Pemerintah.

Akan tetapi, meskipun berumur singkat, yakni kurang lebih selama 4 bulan saja, namun apa yang dilakukan KAMI waktu itu merupakan sebuah mata rantai penting dalam rangkaian awal yang pada akhirnya berhasil mengganyang habis PKI sekaligus meruntuhkan rezim Soekarno atau Orde Lama yang dikuasi PKI.

Setidaknya ada tiga tuntutan KAMI pada waktu itu yang dihimpun dalam Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura), yakni (1) Bubarkan PKI; (2) Rombak/bubarkan Kabinet Dwikora; dan (3) Turunkan harga kebutuhan pokok.

KAMMI 1998

Sejarah pun kembali berulang, pada tahun 1998 ketika rezim Orde Baru begitu kuat-kuatnya di bawah pemerintahan Soeharto yang sangat membatasi aktivitas para mahasiswa pada waktu itu. Pada tanggal 29 Maret 1998 lahirlah sebuah gerakan bernama 'Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia' (KAMMI) yang diinisiasi oleh para aktivis dakwah kampus se-Indonesia.

Benar saja, ketika gerakan mahasiwa dibungkam oleh pemerintah dengan kebijakan NKK/BKK, KAMMI dengan beraninya keluar kampus dengan massa besar sekitar 20.000 (dua puluh ribu orang) berkumpul di masjid Al-Azhar Jakarta pada  tanggal 10 Apri 1998 dengan agenda tuntutan utama yaitu reformasi birokrasi. Aksi yang kemudian dilakukan secara masif di beberapa daerah bersama elemen bangsa yang lain dengan tuntutan yang sama yaitu "Turunkan Soeharto".

Setidaknya ada dua alasan terbentuknya KAMMI pada waktu ini; Pertama, sebagai ekspresi keprihatian mendalam dan tanggung jawab moral atas krisis dan penderitaan rakyat yang melanda Indonesia serta itikad baik untuk berperan aktif dalam proses perubahan.

Kedua, untuk membangun kekuatan yang dapat berfungsi sebagai peace power untuk melakukan tekanan moral kepada pemerintah. Selanjutnya bersama elemen gerakan mahasiswa lainnya, KAMMI melakukan tekanan terhadap pemerintahan Orde Baru melalui gerakan massa.

Setelah tidak kuat menahan desakan rakyat, akhirnya Soeharto dengan terpaksa meletakkan jabatannya. Namun bagi KAMMI, proses reformasi di Indonesia belumlah selesai, masih membutuhkan proses yang panjang.

Gerakan KAMMI di zaman Soeharto pada waktu itu mempunyai tujuan yang jelas yaitu untuk menumbangkan rezim Orde Baru yang sudah berkuasa hampir 30 tahun. Bagitu juga halnya dengan KAMI 1965 yang bertujuan untuk menumpas PKI yang berakhir juga dengan tumbangnya rezim Orde Lama.  Lalu bagaimana dengan KAMI 2020 sekarang ?

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsudin yang
juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Periode 2005-2015, menyampaikan terkait tujuan dari terbentuknya KAMI pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.

"Saya pribadi ingin menyelamatkan negeri tercinta ini sebagai tanggung jawab kerakyatan dan tanggung jawab sejarah," ucapnya seperti yang dikutip oleh beberapa media.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa gerakan KAMI sebagai gerakan moral. "Saya ingin tegaskan sesuai dengan jati diri KAMI yang sudah dibacakan, mohon dipahami oleh segenap pendukung, KAMI adalah gerakan moral seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Kehadiran KAMI di Indonesia, menurut Din Syamsuddin adalah untuk menegakkan kebenaran dan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Walaupun begitu dirinya mengaku bahwa gerakan moral tidak sepi dari Politik.

Dari sini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa terbentuk KAMI ini adalah sebagai gerakan politik moral di tengah krisis kepercayaan terhadap Partai Politik saat ini.

Lantas, apa langkah konkret yang akan diambil KAMI kedepannya? Patut untuk kita ikuti.


Bersambung... (*)
Nama

Agama,15,Agenda,32,Artikel,26,Berita,129,Budaya,3,Daerah,58,Demonstrasi,52,Dialektika,28,Diskusi,13,Ekonomi,20,Hukum,28,Inovasi,2,Internasional,2,Kamminews,29,Kampus,18,Kebangsaan,22,Konsolidasi,5,Mukernas,2,Musda,3,Muskerda,2,Muskom,2,Muswil,2,Nasional,2,News,59,Opini,35,Orasi,48,Pelantikan,14,Pendidikan,4,Perempuan,14,Pernyataan,22,Politik,48,Silaturahmi,11,Sosial,56,
ltr
item
KAMMI NEWS: Antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20
Antara KAMI 65, KAMMI 98 dan KAMI 20
https://1.bp.blogspot.com/-US9QSF-Llgc/XzwQHpJxywI/AAAAAAAACKA/6fqF1dfiY9oXMirQaDlsznBm4smxuOH9QCLcBGAsYHQ/s320/fjr.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-US9QSF-Llgc/XzwQHpJxywI/AAAAAAAACKA/6fqF1dfiY9oXMirQaDlsznBm4smxuOH9QCLcBGAsYHQ/s72-c/fjr.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2020/08/antara-kami-65-kammi-98-dan-kami-20.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2020/08/antara-kami-65-kammi-98-dan-kami-20.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy