Bersama Warga, KAMMI Menolak Penggusuran Pasar Segiri Samarinda | KAMMI NEWS

Bersama Warga, KAMMI Menolak Penggusuran Pasar Segiri Samarinda

KAMMINEWS.COM , Samarinda -  Bersama Forum Komunikasi Warga Pasar Segiri (FKWPS) KAMMI Komisariat Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali ...


KAMMINEWS.COM, Samarinda -  Bersama Forum Komunikasi Warga Pasar Segiri (FKWPS) KAMMI Komisariat Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali bergerak untuk menuntaskan simpang siur janji pemerintah tentang relokasi warga Pasar Segiri, Senin (10/08/2020).

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda telah mengeluarkan surat edaran tentang informasi untuk melanjutkan pembongkaran rumah-rumah warga di bantaran sungai Pasar Segiri. Berdasarkan surat edaran tersebut jadwal pembongkaran adalah dari tanggal 05-07 Agustus 2020.

Mendapatkan Informasi pembongkaran tersebut warga waspada dan was-was. Rumah mereka bisa dibongkar kapan saja oleh pemerintah tanpa ada kejelasan sebelumnya dan tanpa ada  pembayaran ganti rugi apalagi relokasi.

Demi memperjuangkan haknya, bersama mahasiswa warga bergerak mendatangi DPRD Kaltim untuk menyampaikan aspirasi tentang janji relokasi pada Senin 03 Agustus 2020. Aksi ini disambut oleh Komisi 1 DPRD Kaltim, Jahidin, dia mengajak warga untuk berdialog dan mencari solusi atas permasalahan ini.

Jahidin mengatakan bahwa dalam waktu dekat mereka akan mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak-pihak terkait.

“Ini mirip dengan saat SD di pasar segiri ingin dijadikan SMA. Saya yakin Pemkot Samarinda bisa memberikan solusi lebih baik salah satunya relokasi.” kata Jahidin.

“Pemerintah punya banyak kok tanah. Coba diberikan ke masyarakat saja ketimbang terbengkalai” sambungnya.


Keesokan harinya (04/082020), warga kembali melanjutkan aksi ke gedung Pemprov Kaltim untuk memperjuangkan aspirasinya. Dari hasil pertemuan tersebut Pemerintah Provinsi siap menemui beberapa perwakilan dari masyarakat dan mahasiswa.

“Saya jamin untuk tidak akan dibongkar bagi warga yang belum menyerahkan rekening” kata Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kaltim.

Setelah merasa puas, warga pun akhirnya membubarkan diri.

Berdasarkan keterangan rilisnya, Ketua Umum KAMMI Unmul, Aulia Furqan yang ikut membersamai warga dalam melakukan aksi demonstrasi, dia menjelaskan bahwa Aksi berpindah ke Pasar Segiri untuk mengawal proses pembongkaran yang dilakukan Pemkot Samarinda.

"Jam 6 pagi pasukan pembongkaran telah bergerak ke Pasar Segiri. Masyarakat yang saat itu belum banyak yang berkumpul. Tidak mampu menahan laju pasukan pembongkaran. Aparat mengamankan 4 orang warga yaitu pimpinan aksi (Andi Syamsul, Sudirman Akbar dan 2 Anggota Forum) dengan dalih sebagai provokator." Ujar Aulia Furqan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa
pada tanggal 6 dan 7 Agustus warga melakukan pengawalan. Pada saat proses pembongkaran sempat terjadi ricuh antara warga dan pihak keamanan, ada 4 orang warga yang ditahan, akan tetapi sore hari 4 warga tersebut kembali dibebaskan.

"Alhasil, rumah warga berhasil dibongkar oleh Pemkot Samarinda, bahkan yang belum menyerahkan rekeningnya." tambahnya.

"KAMMI Unmul sejak awal membersamai gerakan warga Pasar Segiri, berkomitmen untuk terus mendukung setiap bentuk tuntutan warga pasar segiri, bersama membangun gerakan untuk mensejahtrakan warga pasar segiri, dan mengecam segala bentuk tindakan Pemkot Samarinda yang mempersekusi hak masyarakat. KAMMI juga mendesak Pemkot untuk segera menuntaskan program relokasi bagi warga Pasar Segiri," tutupnya
(*)
Nama

Agama,15,Agenda,32,Artikel,24,Berita,126,Budaya,3,Daerah,54,Demonstrasi,46,Dialektika,26,Diskusi,13,Ekonomi,19,Hukum,28,Inovasi,2,Internasional,2,Kamminews,29,Kampus,16,Kebangsaan,22,Konsolidasi,3,Mukernas,2,Musda,3,Muskerda,2,Muskom,2,Muswil,1,News,50,Opini,33,Orasi,42,Pelantikan,14,Pendidikan,4,Perempuan,13,Pernyataan,20,Politik,49,Silaturahmi,11,Sosial,55,
ltr
item
KAMMI NEWS: Bersama Warga, KAMMI Menolak Penggusuran Pasar Segiri Samarinda
Bersama Warga, KAMMI Menolak Penggusuran Pasar Segiri Samarinda
https://1.bp.blogspot.com/-bh8uFRalD3E/XzM6y6PqCdI/AAAAAAAACFU/hWfVzuVY59Mj_giELDZWaZcqDWpVH9s6ACLcBGAsYHQ/s400/IMG_20200812_083002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bh8uFRalD3E/XzM6y6PqCdI/AAAAAAAACFU/hWfVzuVY59Mj_giELDZWaZcqDWpVH9s6ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200812_083002.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2020/08/bersama-warga-kammi-menolak-penggusuran-pasar-segiri-samarinda.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2020/08/bersama-warga-kammi-menolak-penggusuran-pasar-segiri-samarinda.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy