GPS Aktivis Dakwah: Pengukuhan Intelektual dan kerja Sosial | KAMMI NEWS

GPS Aktivis Dakwah: Pengukuhan Intelektual dan kerja Sosial

GPS Aktivis Dakwah - Pengukuhan Intelektual dan kerja Sosial Oleh:  Budiman  (Kadept. Humas PK KAMMI Merah Saga) S alah satu tuntutan ...


GPS Aktivis Dakwah - Pengukuhan Intelektual dan kerja Sosial

Oleh: Budiman (Kadept. Humas PK KAMMI Merah Saga)

Salah satu tuntutan pengembangan intelektual manusia adalah membebaskan akal seorang muslim dari kejumudan dalam pola pikir dan taklid buta. Akal seorang muslim harus di bebaskan dari hawa nafsu dan tipuan kepatuanyang buta. Akal seorang muslim hendaknya dibina agar tetap kritis, berpikir, dan selektif dalam memahami informasi.

Pengokohan intelektual dan kerja sosial merupakan proses yang saling melengkapi antara pemahaman atau teoritis dengan amal atau kerja sosial yang menjadi penerapan dari pengetahuan disiplin ilmu. Ini merupakan GPS ke dua untuk aktivis dakwah, aktivis dakwah harus kuat pondasi intelektualnya dan juga dapat mengimplementasikannya ke dalam tataran kerja sosial atau amal.

Menurut pandangan Islam, tujuan utama pengukuhan intelektual adalah untuk menguatkan pondasi ke imanan di dalam qalbu, terutama gagasan tauhid. Dengan begitu sempurnalah kerja interaktif antara intelektual dan teks suci dalam mengarahkan manusia untuk mengamalkan atau membuat kerja sosial. Jika intelektual merupakan sarana manusia untuk memahami dan merancang ikhtiar kerja sosial yang sempurna, maka wahyu menunjukkan yang lebih baik lagi, yaitu menyempurnakan pemahaman manusia yang parsial dan masih berantakan dengan pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif tentang nilai – nilai kebaikan yang di buktikan dengan kerja sosial.

Salah satu alasan mengapa kita harus mengokohkan intelektual atau terus belajar adalah karena umat islam di bangun atas dasar pemahaman ( Intelektual ), itulah mengapa ayat pertama yang di turunlan oleh Allah SWT adalah “Iqraa ( bacalah )” ini menjadi hal pertama yang harus dimatangkan oleh manusia adalah ilmu pengetahuan.kemudian, pada Surat Al – Qalam ayat pertama yang berbunyi  “ Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis” pena sebagai simbol ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan harus di tuliskan. Menulis ilmu pengetahuan bagian dari proses pembelajaran ilmu pengetahuan. Selanjutnya, kata ‘alim ( mengetahui ) di dalam Al – Qur’an di sebut sebanyak 224 kali. Kata ‘ilm ( ilmu atau pengetahuan ) disebutkan sebanyak 375 kali di dalam Al – Qur’an , itu menandakan bahwa Allah menekankan pengetahuan bagi umat manusia. Saat umat islam meninggalkan pengetahuan, maka ini lah yang menjadi langkah awal kekalahannya. Hikmah dari kisah pertemuan Nabi Musa dengan khidir, dari kisah ini ada beberapa poin yang dapat kita petik menjadi sebuah pembelajaran antara lain, yaitu :

Filsafat Ilmu

Di dalam islam, ada tiga istilah yang sangat familiar mengenai filsafat, yaitu hikmah, falsafah, dan ‘ulum al – awa’il. Hikmah artinya kebijaksanaan. Al – kindi mendefenisikan bahwa falsafah itu adalah ilmu yang mempelajari makna atas segala sesuatu dengan membatasi dirinya sebagai manusia. ‘ulum al – awa’il di defenisikan sebagai ilmu – ilmu yang terdahulu. Filsafat secara makna yaitu mencari kebenaran secara menyeluruh. Sedangkan kebenaran bersifat mutlak, hanya saja kemampuan manusialah yang terbatas untuk menelusurinya. Dasar dari filsafat adalah bertanya “ mengapa ?”

Tidak  Sombong

Intelektualitas seorang aktivis dakwah tidak boleh sampai titik kesombongan. Karena kesombongan akan membawakan kemurkaan Allah SWT, bentuk kemurkaan bisa seperti tidak bertambahnya ilmu, tidak berkah, sakit, hilangnya ingatan dan ilmu menjadi tidak berkah atau bermanfaat. Munculnya kesombongan itu berawal dari berlebihan dalam mengagumi atau cepat berpuas diri terhadap kehebatan diri, lalu memandang rendah orang lain. Sesungguhnya di  atas orang berilmu masi ada yang lebih berilmu.

Mujahadun Fii Thalabul Ilmi

Kegigihan dalam  mencari ilmu dapat dilihart dari sikap proaktif dan keseriusan. Inilah makna terdalam dalam proses pembelajaran. Tidak cepat merasa puas dengan illmu yang di miliki, ingin terus belajar. Seorang insan pembelajar dan juga seorang pejuang kebenaran harus mampu bersungguh – sungguh dalam proses menuntut ilmu. Karena ilmu merupakan bekal penerangan gelapnya kehidupan.

Berkesinambungan Dalam Belajar

Belajar adalah akvitas madal hayah ( seumur hidup ). Selama ruh masih di dalam jasad, maka kewajiban belajar masih ada di dalam pundak. Aktivitas belajar bukan saja pendidikan formal. Tetapi lebih kepada meresapi atas segala nikmat Allah SWT dan mengambil hikmah, ini merupakan bagian dari belajar.Seorang aktivis harus ada di posisi cara pandang belajar. Belajar itu adalah proses kontinyu dan terus berkembang. Jika berhenti dalam belajar itu petanda kematian.

Bersabar Dalam Proses Belajar

Sabar merupakan salah satu proses dalam menimbah atau mencari ilmu karena proses belajar itu tidak senikmat yang kita hayalkan, semua akan ada pro dan kontra dalam perjalanan. Proses belajar pun bisa mengancam ketenangan dan sangat menyedihkan dalam keberjalanannya.

Tawadu’ Dalam Menuntut Ilmu

Sifat yang harus dimiliki oleh seorang pembelajar adalah tawadu’ atau rendah hati. Menurut ibnu Atha’ mendefenisikan tawadu’ adalah perilaku mau menerima kebenaran dari siapapun dan dari seluruh sumber. Tawadu’ bukan berarti meninggalkan daya kritis, karena kritis merupakan perluasan nalar berpikir dan ekspansi ilmu.ilmu seorang mentor, guru atau pemandu harus digali sedalam mungkin. Caranya dengan pertanyaan yang kritis. Tawadu’ itu ibarat ember di hadapan pompa air. Kritis itu ibarat mesin pompa untuk menarik air lebih banyak.

Membangun Intelektual Profetik

Intelektual profetik sebagai simbolis intelektualitas dan nalar wahyu sebagai identitas kenabian intelektual profetik adalah landasan dalam perjalanan keilmuan insan dakwah. Yang membuka ruang akal berpikir seluas – luasnya dengan bimbingan wahyu.

Kemajuan suatu peradaban dipengaruhi oleh meningkatnya intensitas keilmuan dan akademi manusia disuatu wilayah. Peradaban islam bisa kembali bangkit jika mayoritas pemikir atau penafsir dan eksekutor dunia lahir dari narasi kelompok islam. Lahirnya karya umat islam merupakan simbol kemajuan, mengembangkan intelektual umat islam adalah sebagai penunjang kebangkitan peradaban islam kembali. Intelektual profetik adalah solusi atas kemunduran kita saaat ini.

Aplikasi Ilmu Pengetahuan

Komunitas berpengetahuan yang tidak mengamalkan diibaratkan oleh Allah seperti keledai yang memikul kitab – kitab tebal di atasnya, keledai akan terus membawanya tanpa pernah mengamalkan apa yang di pikulnya.  Ilmu yang hakiki adalah ilmu yang dapat diterapkan semaksimal mungkin.

Bentuk aplikasi ilmu pengetahuan ada dua yaitu, untuk diri pribadi dan untuk sekeliling atau masyarakat .seluruh potensi ilmu pengetahuan harus bisa terealisasikan dalam diri pribadi dan ruang publik. Seorang aktivis dakwah harus mampu meningkatkan intelektual dan secara bersamaan mampu menerapkannya dalam perbaikan sosial. (*)


Nama

Agama,15,Agenda,32,Artikel,26,Berita,129,Budaya,3,Daerah,58,Demonstrasi,52,Dialektika,28,Diskusi,13,Ekonomi,20,Hukum,28,Inovasi,2,Internasional,2,Kamminews,29,Kampus,18,Kebangsaan,22,Konsolidasi,5,Mukernas,2,Musda,3,Muskerda,2,Muskom,2,Muswil,2,Nasional,2,News,59,Opini,35,Orasi,48,Pelantikan,14,Pendidikan,4,Perempuan,14,Pernyataan,22,Politik,48,Silaturahmi,11,Sosial,56,
ltr
item
KAMMI NEWS: GPS Aktivis Dakwah: Pengukuhan Intelektual dan kerja Sosial
GPS Aktivis Dakwah: Pengukuhan Intelektual dan kerja Sosial
https://1.bp.blogspot.com/-eb1uqQ0SP_4/XydeRDKbomI/AAAAAAAAB78/cgW1aPjmVfQyLN15rGBhZPocTnEjGKgCgCLcBGAsYHQ/s400/IMG_20200803_084455.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-eb1uqQ0SP_4/XydeRDKbomI/AAAAAAAAB78/cgW1aPjmVfQyLN15rGBhZPocTnEjGKgCgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200803_084455.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2020/08/gps-aktivis-dakwah-pengukuhan-intelektual-dan-kerja-sosial.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2020/08/gps-aktivis-dakwah-pengukuhan-intelektual-dan-kerja-sosial.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy