KAMMI dalam 75 Tahun Indonesia | KAMMI NEWS

KAMMI dalam 75 Tahun Indonesia

KAMMI dalam 75 Tahun Indonesia  Oleh : Harish Jundana, S.Hut (Ketua Umum PW KAMMI Kaltimtara 2019/2021) "Inna fatahna laka...




KAMMI dalam 75 Tahun Indonesia 

Oleh: Harish Jundana, S.Hut (Ketua Umum PW KAMMI Kaltimtara 2019/2021)

"Inna fatahna laka fathan mubiina" (Sungguh telah kami berikan kepadamu kemenangan yang nyata)

Sungguh telah kami berikan kepadamu kemenangan yang nyata. Para mufassirin menafsirkan ayat ini dengan gambaran perjanjian Hudaibiyah sebagai simbol kemenangan nyata yang ALLAH hadirkan bagi Muhammad SAW dan kaum muslim saat itu, meski sahabat Umar Bin Khattab bertanya-tanya mengapa perjanjian semacam itu yang dipilih oleh Rasulullah, sampai pada akhirnya Umar Bin Khattab diperdengarkan tentang “Inna fatahna laka fathan mubiina”. Kalimat yang kelak menjadi pertanda kemenangan yang nyata.

Pertanda kemenangan itu adalah kemampuan kaum muslim membentuk konsensus nasional yang ditransformasikan menjadi gerakan kolektif. Catatan penting bahwa peristiwa perjanjian hudaibiyah terjadi setelah umat islam memiliki stabilitas kebangsaan di Madinah. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia melalui platform jayakan Indonesia 2045 merumuskan sebuah rumusan nilai kebangsaan, pertanyaannya mampukah rumusan ini menjadi konsensus kebangsaan yang menasional, mengakar dan mampu diwujudkan dalam sebuah gerakan kolektif.

Pemaknaan persitiwa perjanjian hudaibiyah setelah peristiwa piagam Madinah, memiliki pesan yang kuat bahwa basis kewilayahan yang ditandai dengan stabilitas keragaman daerah sangat penting sebagai tolak ukur kekuatan nasional, dan kekuatan nasional inilah yang menjadi bekal utama memasuki tahap internasionalisasi gerakan.

Jika dahulu seluruh pantai utara pulau jawa mampu menjadi basis kekuatan islam dan menjadi manifestasi fathan mubiina, maka seharusnya ini menjadi pesan kuat yang harus dipahami oleh seluruh pimpinan wilayah, pimpinan daerah, dan pimpinan komisariat KAMMI yang tersebar di seluruh tanah nusantara bahwa eksistensi kewilayahan dan kedaerahan adalah kekuatan utama jika kita ini melakukan nasionalisasi ide dan gagasan.

Liyaghfira lakallahu maa taqoddama mindznabika wa maa taakhkhara wa yutimma ni’matahu alayka wa yahdiyaka shirotom mustaqiima.

Kemenangan itu dimulai dari pembebasan pribadi dan organisasi dari bentuk dzanbun; dosa, salah, keji, pelanggaran, kejahatan dan segala bentuk yang menodai kehidupan kita sebagai pribadi yang terikat dalam nilai dan norma agama, negara dan entitas bangsa dalam diri kita. Benahi organisasi dengan gairah dakwah tauhid. Lakukan secara kolektif maka perubahan pasti akan kita raih, sebab kemenangan adalah akumulasi ketaatan secara kuantitas dan kualitas. Murnikan perjuangan kita, berdamai dengan perbedaan situasi.

ALLAH sempurnakan nikmat kemenangan dengan kemerdekaan haqiqi. Penaklukan-penaklukan berbagai wilayah dan daerah harus kita lakukan, dan jaga stabilitasnya. Bukan orang lain yang akan menjaganya tapi diri kita, bukan wilayah lain yang akan menjaganya tapi wilayah kita. Agenda kolektif ini tentu membutuhkan komando yang jelas, terarah, dan tegas. Seperti Rasulullah meyakinkan Umar bahwa inilah platform perjuangan kita.

Petunjuk itu datang saat kita mau berfikir, berjuang dan berserah diri padaNya. Para pejuang itu melampaui batas diri bukan membatasi diri, membuka tabir bukan menutup pikir, bergairah dan bisa bukan loyo dan lemah menjadi wajar jika ALLAH tak menunjukkan jalan dan memberikan kemenanganNya saat kita masih membatasi diri, tertutup dalam berpikir, dan lesu tak bergairah. (*)
Nama

Agama,15,Agenda,32,Artikel,24,Berita,126,Budaya,3,Daerah,54,Demonstrasi,46,Dialektika,26,Diskusi,13,Ekonomi,19,Hukum,28,Inovasi,2,Internasional,2,Kamminews,29,Kampus,16,Kebangsaan,22,Konsolidasi,3,Mukernas,2,Musda,3,Muskerda,2,Muskom,2,Muswil,1,News,50,Opini,33,Orasi,42,Pelantikan,14,Pendidikan,4,Perempuan,13,Pernyataan,20,Politik,49,Silaturahmi,11,Sosial,55,
ltr
item
KAMMI NEWS: KAMMI dalam 75 Tahun Indonesia
KAMMI dalam 75 Tahun Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-CQSOfuMQirE/XzzYh6C4heI/AAAAAAAAAKE/M9nx0HwzFUwctl__P99kNqQ5JQ9s6dMZACLcBGAsYHQ/s400/Gambar%2BHarish%2BJundana%2BKetum%2BPW%2BKAMMI%2BKaltimtara.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CQSOfuMQirE/XzzYh6C4heI/AAAAAAAAAKE/M9nx0HwzFUwctl__P99kNqQ5JQ9s6dMZACLcBGAsYHQ/s72-c/Gambar%2BHarish%2BJundana%2BKetum%2BPW%2BKAMMI%2BKaltimtara.jpg
KAMMI NEWS
https://www.kamminews.com/2020/08/kammi-dalam-75-tahun-indonesia.html
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/
https://www.kamminews.com/2020/08/kammi-dalam-75-tahun-indonesia.html
true
5458317180500775300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy